VIDEO PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS PENGADILAN AGAMA JEPARA
STATISTIK PERKARA REALISASI ANGGARAN

 

progpri badilag 2023
progpri badilag 2023
Banner ZI PA Jepara Banner Pengaduan

Written by Admin on . Hits: 458

Drs. Sobirin, MH; Gembira Menyambut Bulan Romadlon

Jepara || www.pa-jepara.net

Bulan suci ramadlon adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat yang diberikan oleh Allah kepada para hambanya, tidak hanya itu, bulan romadlon adalah salah satu bulan yang paling istemewa di antara bulan-bulan lainnya, “ujar Drs. Sobirin, MH”

IMG 6233

Banyak orang yang mempersiapkan dirinya dalam menyambut datangnya bulan Romadlon, namun tidak banyak pula yang tahu apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi bulan romadlon.

Sejak bulan Sya'ban, Nabi Muhammad menganjurkan kepada kaumnya agar mempersiapkan diri untuk menyambut datangannya “tamu mulia” yaitu Ramadhan dengan memperbanyak ibadah, terutama ibadah sunah. Hal ini sebagai persiapan mental sekaligus fisik untuk menghadapi bulan yang disucikan itu. Dalam sebuah hadits diterangkan “Man Farocha Bidukhuli Romadlon Harroma Allahu Jasadahu ‘alan Niran”. Yang artinya :

“Barang siapa yang bergembira atas datangnya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”

Salah satu dari sekian banyak persiapan menyambut datangnya bulan Suci Romadlon adalah Menyiapkan ruh serta keimanan pada diri kita masing-masing. Suasana spiritual pada bulan Ramadhan terasa sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Karena Allah telah mengondisikan demikian supaya kita lebih khusyuk dalam menjalankan puasa. Nah, khusyuk ini pun kita perlu melatihnya. Khusyuk didapat ketika kita ikhlas dalam menjalankan ibadah. Untuk bisa ikhlas, kita harus membiasakan ibadah itu. Jadi, untuk mempersiapkan bulan Ramadhan, kita harus membiasakan amal ibadah pada bulan-bulan sebelum bulan Ramadhan. Misalnya kita tidak terbiasa baca Al Quran, maka agar kita ikhlas tadarus pada bulan Ramadhan, kita mesti terbiasa membacanya pada waktu sebelum-sebelumnya.

Dalam kitab Arbain Nawawi juga diterangkan pada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang artinya :

“Tidaklah hamba-Ku mendekati-Ku dengan sesuatu yang lebih Ku cintai dari pada yang telah Aku wajibkan. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekati Ku dengan ibadah sunah sehingga Aku mencintainya, maka ketika Aku mencintainya Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, menjadi pengelihatannya yang ia gunakan untuk melihat, menjadi tangannya yang ia gunakan untuk berbuat dan menjadi kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Seandainya ia meminta kepada-Ku niscaya akan Ku beri dan seandainya dia memohon perlindungan-Ku pasti Aku akan memberinya. (HR. Bukhori)”

Senada dengan hal tersebut di atas Imam Bukhari dan Imam Muslim juga meriwatkan hadits dalam kitab Arbain Nawawi yang artinya :

“Ibnu Abbas RA. meriwayatkan dari Nabi SAW. mengenai apa yang beliau ceritakan dari Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi, Allah berfirman : "Sesungguhnya Allah menetapkan kebaikan dan kejelekan, kemudian menjelaskannya. Barangsiapa hendak melakukan kebaikan dan dia tidak jadi melakukannya, Allah akan mencatat di sisi-Nya satu yang kebaikan yang sempurna. Bila ia hendak melakukan kebaikan dan benar-benar melakukannya, Allah akan mencatat di sisi-Nya sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, bahkan berlipat ganda banyaknya. Jika ia hendak melakukan kejelekan dan tidak jadi melakukannya, Allah mencatat di sisi-Nya sebagai satu kebaikan dan kalau ia hendak melakukan kejelekan kemudian benar-benar melakukannya, maka Allah hanya mencatat di sisi-Nya satu kejelekan.” (HR. Bukhari-Muslim di dalam Kitab Shahih Bukhari)

Dengan hadits-hadits di atas, semoga kita bisa merefleksikan diri kita untuk menjadi hamba yang taat beribadah kepada Allah, dengan tujuan mengharapkan ridla-Nya dan mendapatkan petunjuknya, sehingga kita dapat memegang teguh keimanan dalam hati kita. (TIM IT PA JEPARA)

Add comment


Security code
Refresh

Peta Lokasi Pengadilan Agama Jepara

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jepara

Jl. Shima No. 18 Pengkol Jepara.

Telp: 0291-593200 
Fax: 0291-591047

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Facebook: Pengadilan Agama Jepara

Instagram: Pengadilan Agama Jepara

Tautan Aplikasi